Tempat Wisata di Jakarta yang banyak dikunjungi

Kota Jakarta, Ibukota Negara Indonesia dengan berjuta penduduknya dan kesibukan aktifitas kehidupan menjadi daya tarik tersendiri. Selain segala permasalahan seperti kemacetan, kepadatan penduduk, polusi, keramaian, banjir pada kota metropoltian ini, ternyata Kota Jakarta pun menyimpan banyak pilihan Tempat Wisata menarik yang seringkali ramai dikunjungi warga lokal maupun yang dari luar kota. Banyak sekali tempat tempat yang dikunjungi warga sebagai tujuan wisata mereka, disini akan kami rangkum beberapa yang wajib dikunjungi :

1. Monas ( Monumen Nasional )
Tugu Monas






















Sering juga disebut Tugu Monas, yang dibangun sejak 17 Agustus 1961 pada jaman pemerintahan Presiden Soekarno, dan dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975; merupakan monumen peringatan setinggi 132 meter sebagai kenangan perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.
Selain sebagai tugu peringatan, Monas juga dilengkapi dengan Museum Sejarah Nasional Indonesia di bagian dasarnya, dengan luas yang cukup besar sekitar 80 m x 80 m. Kita juga bisa naik ke atas puncak Monas setinggi 115 meter menggunakan lift. Di bagian atas Monas ini kita dapat melihat dan menikmati pemandangan kota Jakarta sekitar Monas dari puncaknya.
Tahukah bahwa di puncak Monas terdapat cawan yang menopang nyala lampu perunggu seberat 14,5 ton dan juga dilapisi emas seberat 35 kilogram. Lidah api atau obor yang mempunyai ketinggian 14 meter dan diameter sekitar 6 meter ini adalah sebagai simbol semangat perjuangan rakyat Indonesia yang ingin meraih kemerdekaannya.
Dan pada tahun 1995, lembaran emas ini dilapis ulang sehingga mencapai berat 50 kilogram sesuai dengan perayaan 50 tahun kemerdekaan Indonesia. Dan ternyata ada artinya bagian puncak dari Tugu Monumen Nasional yang berbentuk api yang selalu menyala; yaitu supaya Bangsa Indonesia selalu memiliki semangat yang menyala dalam berjuang, tidak surut atau hilang sepanjang waktu.

2. Taman Mini Indonesia Indah ( TMII )
Taman Mini Indonesia Indah






















Inilah Kawasan Tempat Wisata yang bertemakan Budaya Indonesia. Yang juga merupakan kumpulan keaneka ragaman budaya Bangsa Indonesia, baik bangunan, busana, tarian, dan tradisi beberapa daerah. Adapula miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya.
TMII dibangun pada tahun 1972 pada era jaman pemerintahan Presiden ke 2 Indonesia, Bapak Soeharto, dan diresmikan pada 20 April 1975 dengan luas area mencapai 150 hektar.
Bukan hanya warga Jakarta saja yang mengunjungi tempat Wisata ini, warga dari luar Jakarta pun berbondong bondong mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disebut dengan TMII ini di saat liburan. Kita bisa menikmati waktu seharian di TMII ini, karena banyaknya wahana yang terdapat di TMII ini. Kita bisa menikmati Kolam Renang Snow Bay, Taman Among Puro, Taman Ria Atmaja, Kereta Gantung, Theater Keong Mas, Istana Anak Anak Indonesia, Museum, Perahu Angsa, dll.
Banyak pula tempat di TMII ini yang memberikan pendidikan bagi putra putri kita.


3. Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol






















Taman Impian Jaya Ancol ini berdiri pada tahun 1966, merupakan sebuah kawasan wisata terpadu. Taman Impian Jaya Ancol atau juga disebut Ancol Dreamland berlokasi di Utara kota Jakarta, merupakan tempat Wisata untuk keluarga yang menyajikan banyak pilihan wahana yang dapat dinikmati segala kalangan dan golongan usia.
Obyek wisata di Ancol ini, yang sudah banyak dikenal masyarata diantaranya adalah : Pantai Festival, Dunia Fantasi, Putri Duyung Cottage, Gelanggang Samudera, Pulau Bidadari, Atlantis Water Adventure, Padang Golf Ancol, Marina, Pasar Seni, Sea World, Hailai Executive Club, Tempat main Bowling, dan lain lain. Sepertinya Taman Impian Jaya Ancol ini merupakan Tempat Wisata yang paling banyak dikunjungi di Jakarta yah ? Mau musim liburan atau pada hari biasa, banyak warga baik dari Jakarta maupun luar Jakarta yang datang berkunjung kesini.


4. Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta
Kawasan Wisata Kota Tua






















Nah untuk yang satu ini merupakan tempat wisata yang "buka" selama 24 jam. Kapanpun mau mengunjungi, silahkan bisa bisa saja.
Kawasan Kota Tua atau suka disebut juga Batavia Lama ( Oud Batavia) dulunya merupakan pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasi strategisnya dengan sumber daya yang melimpah ruah.
Kawasan ini menjadi salah satu tempat nongkrong dan ketemuan para anak muda di Jakarta, dan para mereka yang lagi hobby foto foto. Karena tempatnya yang eksotis, banyak para Potographer atau model yang datang untuk foto disini. Lokasinya yang dekat dengan stasiun kota juga memudahkan pengunjung yang datang dari jauh dengan memanfaatkan jasa transportasi kereta api.
Di kota tua ini, bisa ditemui cafe cafe dengan live music, dan ada juga yang menyewakan sepeda tua atau disebut juga sepeda ontel yang antik dan cantik karena dicat ulang dengan warna warna yang menarik.
Beberapa titik lokasi yang menarik di kawasan kota tua ini, seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik dan Toko Merah, Cafe Batavia, Cafe Gazebo
Bukan cuma itu saja, di area sekitar kawasan kota tua juga bisa menjadi daya tarik tersendiri, seperti : Gedung Arsip Nasional, Gedung Chandranaya, Vihara Jin De Yuan (Vihara Dharma Bhakti), Petak Sembilan, Pecinan Glodok & Pinangsia, Museum Wayang, Kali Besar (Grootegracht), Hotel Former, Jembatan Tarik Kota Intan, Galangan VOC, Museum Bahari, Pasar Ikan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Masjid Luar Batang, dll
Dan untuk menikmati suasana kawasan kota tua, kita juga bisa menikmati aneka kuliner atau jajanan rakyat seperti gado gado, soto, kerak telor, dll.