Air Terjun Mata Jitu, Sumbawa


Perjalanan Wisata Rekreasi kali ini akan mengajak kita berjalan jalan ke wilayah Sumbawa di Pula Nusa Tenggara Barat, suatu wilayah yang bisa dijadikan Tempat Wisata Rekreasi yang menyenangkan karena terdapat beberapa tempat yang memikat hati. Dan salah satunya yang akan kita lihat kali ini adalah Wisata Air Alami yang tersembunyi di rimba Pulau Mojo dan dikenal dengan nama Air Terjun Mata Jitu.

Letak dari Air Terjun Mata Jitu ini ada di Dusun Oiramu, Desa Labuan Aji, Kecamatan Labuan Badas, Kabupaten Sumbawa, NTB ( Nusa Tenggara Barat ). Keberadaan Air Terjun Mata Jitu memang belum banyak terjamah wisatawan, membutuhkan perjuangan lebih karena lokasinya agak tersembunyi. Tetapi perjuangan panjang menuju ke Air Terjun Mata Jitu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para turis, dan akan tergantikan dengan decak kagum setelah melihat keindahan nya yang sangat memikat. Dari mulut ke mulut, keindahan Air Terjun Mata Jitu seperti mengundang para wisatawan dalam negeri bahkan wisatawan manca negara. Bahkan salah satu yang pernah datang kesini dari Inggris diantaranya adalah : penyanyi Mick Jagger, dan tokoh mendiang Lady Diana, sampai sampai warga sekitar menyebut tempat ini dengan nama "Queen Waterfall".

Perjalanan menuju Air Terjun Mata Jitu dari ibukota kabupaten Sumbawa ( kota Sumbawa Besar ) berjarak sekitar 20an kilometer. Kita bisa menuju Air Terjun Mata Jitu dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Setelah perjalanan dari Kota Sumbawa Besar menuju Ai Bari, kita akan melanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu nelayan yang ada dengan tujuan Pulau Mojo yang akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Perjalanan ke pulau Mojo ini pastinya akan menyenangkan dan memanjakan mata para wisatawan. Sampai akhirnya kita akan sampai di Desa Labuan Aji, dan kita akan melanjutkan dengan kendaraan roda dua selama kurang dari 30 menit. Tentunya kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan perbukitan hingga kita sampai di tempat tujuan kita Air Terjun Mata Jitu Sumbawa.

Keindahan panorama pemandangan alam dari Air Terjun Mata Jitu sangat memukau para wisatawan yang datang ke Sumbawa ini. Ketinggian Air Terjun ini sekitar 7 meter. Terdapat empat undakan di air terjun ini, dan ada tujuh kolam disekitar air terjun nya. Dan di bagian bawah air terjun itu kita akan melihat kolam dengan air yang sangat jernih, sangat menarik untuk berenang disini, tetapi hal ini tidak diperbolehkan oleh pengelola demi tujuan untuk menjaga keindahan air terjun. Inilah mengapa disebut Air Terjun Mata Jitu, yaitu karena mata air nya jatuh tepat di kolam yang letaknya ada di bawahnya. Gemercik suara air terjun nya pasti akan memikat hati yang mendengarnya. Air terjun Mata Jitu ini dihiasi stalaktit dan stalakmit yang beraneka ragam bentuknya pada bagian dindingnya, dimana bebatuan yang terdapat disekitar air terjun ini adalah merupakan jenis batu kapur, yang terbentuk sudah ribuan tahun lamanya. Permukaan dinding di sekitar air terjun ini pula menjadikan salah satu daya tarik dari Air Terjun Mata Jitu. Selain keindahan air terjun, bebatuan, pohon pohon hijau juga membuat keindahan wisata ini jadi lebih menyenangkan. Suasana asri dengan hawa sejuk pastinya akan membuat senang para wisatawan. Area disekitar air terjun sangat dijaga oleh pengelola sampai sampai para pengunjung tidak diijinkan untuk berenang.Tapi untungnya disediakan tempat tersendiri khusus untuk bermain air bagi para wisatawan.

Air Terjun Mata Jitu ini sudah menjadi cagar alam Indonesia, dan menurut cerita, ternyata mata air ini sudah terbentuk jutaan tahun lalu. Luar Biasa.
Bagi para wisatawan tidak perlu khawatir karena fasilitas dan akomodasi sudah cukup lengkap tersedia, sehingga kita bisa menikmati wisata dan rekreasi dengan senang dan tidak khawatir.