Danau Kaolin Air Bara, Bangka

Danau Kaolin Air Bara, Bangka
Danau Kaolin berada di Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas, berbatasan antara Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Selatan; dengan jarak antara 50 sampai 70 km dari kota Pangkalpinang. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Lintas Provinsi Koba Toboali.
Indahnya Danau Kaolin ini bahkan ada yang menyebut mirip dengan IceLand atau Islandia; dikarenakan ada seorang wisatawan yang foto di Danau kaolin memakai jaket, dan sekilas terlihat mirip berlokasi di daerah bersalju Irlandia.
Ada juga yang menyamakan Danau Kaolin ini dengan Kawah Putih di Ciwidey Bandung, karena pinggiran Danau Kaolin yang mempunyai pasir timah yang berwarna putih kelihatan seperti hamparan salju, air Danau Kaolin mempunyai warna biru, dan di sisi sisinya mempunyai warna hijau; dimana hal ini pula yang terdapat di Kawah Putih Ciwidey Bandung.

Tidak banyak yang tahu bahwa Danau Kaolin ini bukanlah Danau alami tapi dulunya adalah bekas galian sebuah Tambang Kaolin yang berisikan air dan memantulkan warna air biru seperti langit. Danau Kaolin ini juga dikenal dengan sebutan Camoi Aek Biru. (Camoi adalah istilah penambangan yaitu lubang pusat titik galian tambang; Aek Biru adalah bahasa masyarakat Bangka yang artinya air biru). Inilah salah satunya bekas penambangan timah yang bisa bermanfaat bagi masyarakat karena menjadi salah satu tujuan wisata.

Sebenarnya Danau Kaolin ini belum pas dengan sebutan Tempat Wisata Rekreasi karena tidak adanya fasilitas maupun pendukung yang memadai disini. Karena disini adalah daerah pertambangan timah tradisional, dimana dalam keseharian nya pun kita akan bisa melihat proses penambangan.
Tapi karena keindahan Danau Kaolin ini menjadi salah satu tujuan wisata baru di pulau Bangka. Biasanya di saat akhir pekan, Danau Kaolin selalu ramai dengan para petualang wisata yang penasaran dengan berita keindahan Danau Kaolin ini.

Semoga pemerintah setempat bisa memfasilitasi, dan mengelola bekas tambang timah ini menjadi salah satu kekayaan wisata alam yang indah dan menjadi aset rekreasi bagi Pulau Bangka.