Telaga Biru Situ Cicerem

Salah satu destinasi Tempat Wisata Rekreasi yang saya suka adalah Wisata Alam. Ciptaan Allah yang luar biasa indahnya, yang selalu menakjubkan indera penglihatan dan perasaan saya. Kali ini kita akan lihat salah satu keindahan wisata alam di sebuah daerah di Pulau Jawa bagian Barat, yaitu Kabupaten Kuningan; yaitu Telaga Biru Cicerem.

Lokasi Telaga Biru Cicerem :
Jl. Kaduela, Pasawahan
Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Telaga Biru Situ Cicerem, Kuningan Jawa Barat

Bukan hanya wisatawan lokal saja, melainkan wisatawan dari mancanegara pun tertarik untuk berkunjung melihat keindahan Telaga Biru Cicerem ini. Situ Cicerem merupakan telaga alami, yang keberadaan nya persis di kaki Gunung Ciremai. Pastinya para pengunjung yang datang disini akan merasakan sejuknya hawa khas pegunungan. Enak banget. Sesuai dengan nama yang diberikan yaitu Telaga Biru Cicerem; maka yang menjadi daya tarik dari Telaga Cicerem ini adalah warna air telaganya yang berwarna biru dengan kedalaman sekitar lima meter, dengan pemandangan sekitar yang kehijauan dari dedaunan pohon pohon rindang yang ada disekelilingnya. Hati hati bagi yang ingin berenang, karena kedalaman 5 meter ini cukup dalam. Bisa juga ditemani pelampung untuk berenang disini bagi yang tidak mahir untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Situ Cicerem berada pada ketinggian sekitar 315 meter diatas permukaan laut, dengan suhu udara 20 derajat celius.
Selain itu, keberadaan ikan ikan di dalam Telaga Cicerem ini menjadikan pesona keindahan tersendiri dari Telaga yang punya warna air biru menyejukan mata ini. Telaga Biru Cicerem ini sangat cocok bagi anda yang ingin menjauh sementara dari kepenatan rutinitas dan kepadatan hidup di kota kota besar. Ada bisa menenangkan hati, jiwa dan raga sambil menikmati indahnya suasana alam nya yang sangat asri. Dan disaat menjelang sore, suara jankrik terdengar bersahutan menjadikan sebuah simponi musik yang memberikan nilai lebih pada wisata alam di Telaga Cicerem ini.
Telaga Biru Cicerem banyak sekali dikunjungi kalangan anak muda, baik yang datang berpasangan, maupun ramai ramai dengan kerabat atau keluarganya. Dan lagi lagi, keberadaan sosial media seperti instagram, facebook, path, twitter dan lain lain seolah ikut menunjang penyebaran informasi keberadaan telaga biru ini. Mereka tidak akan melewatkan saat dan pemandangan indah saat berada di Telaga Biru Cicerem ini, dan kemudian menaruh fotonya pada akun jejaring sosial yang mereka miliki. Telaga Biru Cicerem sangat cocok dikunjungi bagi mereka yang menyukai hobi foto atau difoto, dikarenakan alam pemandangan nya yang indah.

Rute jalan menuju Telaga Biru Cicerem :
- Dari kota Cirebon kita menuju Bundaran Ciracas, di bagian utara setelah Pasar Cilimus. Dilanjut ke arah Jalan Mandirancan, disini kita bisa menikmati pemandangan persawahan dan Gunung Ciremai. Sampai ketemu pertigaan Cirea - Pasawahan, kita ambil belok kiri menuju Tugu Macan Mandirancan.
- Dari Tugu Macan Mandirancan, kita lanjut menuju ke Desa Pasawahan ( jalan Cirea Pasawahan ), nanti akan ketemu pertigaan jalan dekat lapangan bola, belok kanan dan lanjut ke arah Objek Wisata Paniis. Lurus saja dari pertigaan dekat lapangan itu akan membawa kita ke arah Desa Wisata Cibuntu.
- Tidak jauh dari Objek Wisata Paniis, kita akan menemukan Situ Sipariuk. Perjalanan dilanjutkan sampai perempatan jalan dekat Masjid Pasawahan, kita ambil belok kanan menuju Jalan Pasawahan, lalu belok kiri sesudah ketemu Polsek Pasawahan. Lanjut menuju Jalan Bina Lestari. Kita akan menemukan informasi jalan menuju Situ Cicerem.
- Sekitar 500 meter dari Polsek Pasawahan kita akan menemukan pertigaan jalan dekat masjid, kita pilih belok kiri menuju ke jalan Kaduela. Tidak jauh dari pertigaan jalan ini kita akan memasuki gerbang menuju lokasi Situ Cicerem.