Wisata Alam di Kota Malang Jawa Timur

Salah satu kota tujuan Wisata di bagian Timur pulau Jawa yang cukup banyak diminati oleh para wisatawan adalah Kota Malang. Kota Malang yang secara geografis berada dekat dengan empat gunung sekaligus, yaitu Gunung Kawi, Gunung Arjuna, serta Gunung Semeru dan Gunung Bromo tentunya memiliki hawa yang sejuk dan memiliki pemandangan yang indah, dikarenakan wilayah kota Malang ini adalah daerah pegunungan.
Kota Malang juga berdekatan dengan Kota Batu yang juga merupakan kota tujuan wisata pula sehingga Kota Malang dan Kota Batu ini menjadi kesatuan daerah yang disebut dengan Malang Raya atau Wilayah Metropolitan Malang.
Kota Malang yang ternyata merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah kota Surabaya ini memiliki beberapa sebutan yang menarik, diantaranya adalah sebutan sebagai : Kota Apel, Kota Bunga, Kota Dingin, Kota Kuliner, Kota Militer, Kota Olahraga, Kota Pelajar, Kota Pendidikan, Kota Sejarah, Kota Susu, Kota Wisata, Paris Van Oost Java. Tentunya sebutan sebutan ini semua sangat mempunyai makna masing masing. Betapa menariknya kota Malang ini bukan?

Berikut beberapa tempat tujuan wisata alam di Kota Malang :

1. Mata Air Sumber Sirah
Mata Air Sumber Sirah Malang
Mata Air Sumber Sirah, Malang
Lokasi Mata Air Sumber Sirah adalah di Jalan Sunang Gunung Jati, Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang Jawa Timur; merupakan salah satu sumber mata air alami yang sudah dijadikan salah satu tujuan wisata alam yang menarik di Malang. Mata Air Sumber Sirah ini merupakan sebuah kolam atau telaga yang dangkal dengan kedalaman maksimal hanya 1,5 meter saja, dimana pada bagian dasar Mata Air Sumber Sirah ini banyak tumbuh tanaman air hijau yang sangat indah seperti ganggang hijau. Banyak sekali yang datang kesini untuk berfoto di bawah air untuk mengabadikan keindahan tanaman hijau ini yang merupakan tanaman rumput air tawar.
Aktifitas yang bisa dilakukan di kolam Mata Air Sumber Sirah ini adalah selain berenang, menyelam, juga untuk River Tubing, atau juga mengapung santai di atas ban sambil mengikuti arus telaga ini.
Selain untuk tempat wisata, telaga ini juga dipakai untuk memberikan pengairan bagi sawah sawah penduduk sekitar yang berada di sepanjang aliran sungai ini.
Jika tertarik mengunjuni tempat ini bisa ditempuh kurang dari 30 menit dari pusat kota Malang.

2. Omah Kayu
Omah Kayu, Bukit Bintang, Kota Batu
Omah Kayu, Bukit Bintang, Kota Batu
Lokasi Omah Kayu terletak di lereng gunung yang mendapat sebutan Bukit Bintang, di Jl. Songgokerto, Kota Batu, Malang Jawa Timur. Dimana sebenarnya Omah Kayu ini merupakan penginapan yang unik dengan bentuk rumah diatas pohon pinus yang kuat dan keras. Untuk menikmati pemandangan disini dengan ketinggian lebih diatas 1300 meter dari permukaan laut, kita tidak diharuskan untuk menginap, cukup dengan menebus tiket masuk saja, kita bisa menikmati sensasi keindahan pemandangan dari Omah Kayu.
Tempat wisata alam yang satu ini sepertinya memang banyak beredar foto fotonya di media sosial, baik itu melalui Facebook ataupun Instagram. Memang menakjubkan pemandangan disini sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Mengambil lokasi di daerah tinggi kota Malang akan memberikan kenikmatan hawa sejuk kota Malang dan juga menyajikan panorama yang menakjubkan disekitarnya.

3. Segara Anakan Pulau Sempu
Segara Anakan di Pulau Sempu
Segara Anakan di Pulau Sempu
Segara Anakan merupakan sebuah pantai yang tidak banyak dikunjungi para wisatawan, karena letaknya pula yang tersembunyi di tengah pulau dengan tebing tebing tinggi. Segara Anakan ini terletak di Pulau Sempu. Keindahan Segara Anakan ini ada pula yang mengatakan seperti Pantai Phuket. Ada baiknya para wisatawan mempersiapkan diri dan fisik karena perjalan jauh yang tidak mudah untuk bisa sampai ke Segara Anakan di Pulau Sempu ini.

4. Teluk Bidadari
Teluk Bidadari, Malang Jawa Timur
Teluk Bidadari, Malang Jawa Timur
Lokasi Teluk Bidadari adalah di Pantai Mbehi di sebelah barat Pantai Sugu; di Desa Sumberbening, Bantur - Malang Jawa Timur.
Teluk Bidadari adalah genangan air yang berwarna biru kehijauan yang berbentuk lingkaran.
Akses jalan menuju Teluk Bidadari bisa dibilang penuh rintangan, dan untuk itu diharuskan memakai jasa pemandu wisata yang ada disana. Dikarenakan melewati kawasan hutan lindung daerah Bantur yang sangat asri yang memiliki banyak macam binatang satwa yang dilindungi, dan menempuh jalur bukit yang sangat menguras tenaga.
Dan segala perjuangan serta letih menuju Teluk Bidadari ini akan terbayar dengan kepuasan menikmati keindahan Teluk Bidadari ini. Birunya air dan langit langsung menghilangkan letih perjalan menjadi kebahagian, disambut dengan semburan air dari balik batu karang, suara ombak diantara bukit bukit yang ada, aneka suara binatang satwa disana.

5. Air Terjun Coban Pelangi
Air Terjun Pelangi, Malang
Air Terjun Pelangi, Malang
Lokasi Air Terjun Coban Pelagi ada di Desa Gubuk Klakah, Poncokusumo Malang, Jawa Timur. Dengan jarak 30 km ke timur dari kota Malang.
Akses menuju Air Terjun Coban Pelangi bisa dikatakan tidak terlalu sulit, dengan rute menanjang dan jalan yang tidak lebar namun sudah diberi aspal. Dan makin lama jalan menyempit dan banyak belokan. Untungnya dalam perjalan menuju Air Terjun Coban Pelangi terdapat pemandangan yang indah yang menakjubkan.
Di sekitar air terjun, kita bisa berkemah dan juga bisa menikmati naik kuda.
Dan akhirnya keindahan Air Terjun Coban Pelangi yang jatuh dari ketinggian 110 meter ini bisa dinikmati dengan hawanya yang sejuk dan dingin bisa mencapai suhu dibawah 20 derajat celcius, dikarenakan berada pada ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut. Dan keistimewaan lain nya adalah saat hadirnya pelangi disini. Memang tidak bisa ditemukan setiap saat, biasanya sekitar jam 10 pagi sampai siang harinya, disaat cahaya matahari masuk membias pada percikan air terjunnya.


Selain itu masih banyak lagi, tempat wisata rekreasi alam lainnya ataupun juga tempat wisata hiburan yang dibuat untuk memuaskan hari libur dan wisata bersama orang terkasih.