Wisata di Danau Sentani Jayapura Papua

Danau Sentani Jayapura - Papua
Banyak sekali keindahan alam di ujung timur kepulauan Indonesia kita ini, selain sebut saja Raja Ampat di Papua. Namun jangan lupa bahwa ada juga danau yang banyak disukai para wisatawan, dan menjadi salah satu pilihan yang disukai menjadi Tempat Wisata Rekreasi yaitu Danau Sentani. Danau Sentani berada di ujung Timur kepulauan Indonesia, tepatnya adalah di Papua. Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua yang terbentang luas lebih dari 9.000an hektar dengan ketinggian 75 meter diatas permukaan laut, berada di Jayapura dan menjadi danau yang paling luas di Papua.
Cerita sejarah sekitar tahun 1940an adalah bahwa Danau Sentani merupakan lokasi pelatihan mendaratnya pesawat amphibi. Yang pada awalnya didirikan oleh Jepang, dan digantikan oleh Amerika.
Keindahaan Danau Sentani ini antara lain dengan adanya lebih dari 20 pulau pulau kecil di dekat danau, dan juga letaknya yang ada di Cagar Alam lereng pegunungan Cyclops yang sungguh mempesona dengan luas hampir 3x luas danau sentani ini. Berada di Danau Sentani ini, sesaat kita merasakan damai karena keindahan danau dan pegunungan yang terbentang ini, seperti arti dari sentani itu sendiri "Di sini kami tinggal dengan damai"
Dan karena keindahan alam serta pemandangan sekitar Danau Sentai yang mempunyai jarak tempuh sekitar 50 km dari Ibukota Papua; Jayapura ini, oleh pemerintah daerah sudah dikelola menjadi Objek Wisata dengan dilengkapi perahu wisatanya untuk menikmati keindahan danau dan menikmati keliling Danau Sentani. Selain menikmati Danau Sentani dengan perahu wisata, para turis lokal maupun mancanegara bisa berenang dan juga menyelam, bahkan mancing ikan. Danau Sentani memiliki kekayaan aneka ragam biota lautnya yang sekarang sudah di budidayakan ikan ikannya. Jangan lupa untuk menikmati Wisata Kuliner khas Danau Sentai yang lezat ini.
Dan untuk menghibur para turis dan wisatawan yang datang ke Danau Sentani ini, di bulan Juni pertengahan diadakan Festival Danau Sentani; dimana adat budaya dan seni tradisinal seperti tarian adat khas Papua disajikan, dan beberapa upacara adat lainnya serta makanan khas daerah ini.
Selain menikmati Festival Budaya Danau Sentani ini, tentunya berada disekitar penduduk asli yang aktifitas hariannya sebagi petani ataupun sebagai pencari ikan akan memberikan suasana yang berbeda. Konon katanya, Danau Sentani merupakan habitat ikan hiu gergaji yang sekarang ini sudah punah. Selain ikan hiu gergaji, di sini juga ada ikan gabus Danau Sentani, ikan pelangi Sentani dan ikan pelangi merah, yang unik hanya bisa ditemui di Danau Sentani.
Akses menuju Danau Sentani sepertinya tidak sulit, karena dengan menggunakan penerbangan udara menuju Bandara Sentani Jayapura setelah itu bisa dilanjutkan menuju Danau Sentani dengan kendaraan yang ada disana yang kurang lebih diakses sekitar kurang dari 20 menit.